Kamis, 15 Mei 2014
skripsi tentang bullying
ii
HALAMAN PENGESAHAN GURU MATA PEALAJARAN
Hal : Karya Tulis 1. Diana Merlin
2. Listiya Yulisna
3. M. Edo Alfarizky
4. Shifa Fitriani
5. Tiara Martias
6. Yoga Wibawa
Lamp : Karya Tulis
Kepada
Guru Mata Pelajaran Sosiologi
SMA Negeri 3 Cikarang Utara
Di Tempat
Assalammualaikum wr.wb.
Dengan ini kami penulis , memohon persetujuan dan pengesahan karya tulis kami kepada guru mata pelajaran sosiologi tentang Pengaruh Bullying Terhadap Siswa. Kami sungguh berharap agar karya tulis kami ini dapat bermanfaat bagi kami dan bagi yang membacanya.
Demikian halaman pengesahan ini kami buat atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
Wassalamuallaikum wr.wb
Cikarang, 03 Mei 2014
Guru Mata pelajaran Sosiologi
Usep Suherlan,S.Pd.I
iii
MOTTO
Janganlah bergaul dengan orang yang merendahkanmu................................
Tetapi bergaulah dengan orang yang baik dan selalu menyemangatimu..................
iv
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan Kepada Tuhan Yang Maha Esa karena hanya berkat pertolongan-Nya, kami dapat menyusun karya tulis ini yang berjudul “ Pengaruh Bullying Terhadap Siswa”.
Dengan adanya tugas ini, kami berharap agar dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan serta informasi tentang pengaruh bullying terhadap siswa.
Kelompok menyadari karya tulis ini masih terdapat banyak kekurangan. Kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak untuk menyempurnakan karya tulis ini. Terimakasih.
Penulis
v
DAFTAR ISI
Halaman Judul ................................................................................................... i
Halaman Pengasahan Guru Mata Pelajaran ...................................................... ii
Motto................................................................................................................. iii
Kata Pengantar.................................................................................................. iv
Daftar Isi............................................................................................................. v
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .............................................................................. 1
B. Identifikasi Pembatasan dan Perumusan Masalah ....................................... 2
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian .................................................................... 3
D. Langkah-Langkah Penelitian ....................................................................... 4
1. Tempat dan Waktu Penelitian .......................................................... 4
2. Populasi dan Teknik Pengambilan Sampel ...................................... 4
3. Instumen atau Alat Pengumpulan Data ........................................... 5
vi
BAB II. TINJAUAN TEORITIK
A. Pengertian Pengaruh .................................................................................... 6
B. Pengertian Bullying ..................................................................................... 6
C. Pengertian Siswa ......................................................................................... 7
D. Pengertian Bullying Terhadap Siswa SMA Negeri 3 Cikarang Utara......... 7
BAB III. HASIL PENELITIAN
A. Teknik Angket ............................................................................................. 8
B. Teknik Wawancara .................................................................................... 16
C. Teknik Dokumentasi ................................................................................. 19
BAB IV . PENUTUP
A. Kesimpulan .................................................................................................... 23
B. Saran-saran .................................................................................................... 23
Daftar Pustaka ..................................................................................................... 24
Lampiran-Lampiran ............................................................................................ 25
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Bullying merupakan fenomena yang telah lama terjadi di kalangan remaja maupun anak-anak. Kasus bullying biasanya menimpa anak sekolah. Pelaku bullying akan mengintimidasi atau mengejek kawannya sehingga kawannya tersebut jengkel. Korban bullying pun akan mengalami depresi dan hingga timbul rasa untuk bunuh diri. Bullying harus dihindari karena bullying mengakibatkan korbannya berfikir untuk tidak berangkat ke sekolah, karena di sekolah ia merasa akan di bullying oleh pelaku. Selain itu bullying juga dapat menjadikan seorang anak turun prestasinya, karena merasa tertekan akibat di bullying oleh pelaku.
Kebanyakan anak memang tidak merasa bahwa bullying bisa menimbulkan masalah. Karena hal ini mungkin di anggap sekedar gurauan atau olok-olok belaka dan ada kepuasaan sendiri dari pelaku bullying.
Bullying banyak terjadi di lingkungan sekolah yang di lakukan sesama siswa ataupun kelompok terhadap kelompok, oleh karena itu kami memilih masalah ini untuk di teliti lebih jelas.
1
2
B. Identifikasi Pembatasan dan Perumusan Masalah
Identifikasi
Penulis mengidentifikasi masalah tentang pengaruh bullying terhadap siswa.
Pembatasan
Dengan adanya identifikasi pembahasan ini, kami membatasi penelitian kami berdasarkan tempat dan waktu. Dengan demikian kami melakukan penelitian adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 2 di SMA Negeri 3 Cikarang Utara.
Perumusan Masalah
• Apakah yang dimaksud dengan bullying?
• Apakah yang dimaksud dengan siswa?
• Apakah pengaruh bullying terhadap siswa?
3
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Dengan kami melakukan penelitian ini, kami bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang melakukan bullying dan tingginya tingkat bullying di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Cikarang Utara.
Manfaat Penelitian
• Untuk mengetahui pengaruh bullying di SMA Negeri 3 Cikarang Utara
• Untuk mengetahui siswa
• Untuk mengetahui pengaruh bullying terhadap siswa
4
D. Langkah-Langkah Penelitian
1. Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat kami melakukan penelitian adalah SMA Negeri 3 Cikarang Utara tepatnya di kelas X MIA 1 dan X MIA . Waktu penelitian dilaksanakan pada hari kamis, 10 April 2014. Pukul 09.30 AM untuk kelas X MIA 1 dan pukul 10.00 AM untuk kelas X MIA 2.
2. Populasi dan Teknik Pengambilan Sampel
Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 3 Cikarang Utara khususnya kelas X MIA 1 dan X MIA 2.
Sampel adalah sebagian dari subjek dalam populasi yang di teliti. Sampel pada penelitian ini kami mengambil 30 orang siswa dari setiap kelasnya untuk di jadikan sampel penelitian kami.
Untuk pengambilan sampel, kami menggunakan beberapa teknik, antara lain :
A. Teknik Angket
5
Teknik pengumpulan data berupa kuesioner atau daftar pertanyaan yang sering di sebutkan secara umum untuk di isi oleh subjek secara jujur.
B. Teknik Dokumentasi
Teknik pengumpulan data beruapa foto saat dilakukannya penelitian.
C. Interview
Teknik pengumpulan data berupa daftar pertanyaan yang di ajukan kepada subjek untuk langsung di jawab secara jujur.
3. Instrumen atau Alat Pengumpulan Data
Alat-alat yang di gunakan untuk pengumpulan data saat melakukan penelitian adalah:
a. Buku, untuk mencatat jawaban dari narasumber saat wawancara
b. Pulpen, untuk menulis selama penelitian berlangsung
c. Laptop, untuk mengetik karya tulis
d. Kamera, untuk pengambilan gambar saat penelitian teknik dokumentasi
e. Printer, untuk mencetak hasil karya tulis
BAB II
TINJAUAN TEORITIK
A. Pengertian Bullying
Bullying berasal dari kata asal bully, yaitu suatu kata yang mengacu pada pengertian adanya “ancaman” yang dilakukan seseorang terhadap orang lain (yang umumnya lebih lemah atau “rendah” dari pelaku), yang menimbulkan gangguan psikis bagi korbannya, berupa stres yang muncul dalam bentuk gangguan fisik atau psikis, atau keduanya. Bully biasanya berlangsung dalam waktu yang lama (tahunan), sehingga sangat mungkin mempengaruhi korban secra psikis. Korban bully akan merasa marah dan kesal dengan kejadian yang menimpa mereka, ada juga peresaan marah, malu, dan kecewa pada diri sendiri, karena “membiarkan” kejadian tersebut, dan tidak berani untuk melaporkan pelaku pada orang dewasa .
7
B. Pengertian Siswa
Siswa adalah mereka yang secara khusus diserahkan oleh kedua orang tuanya untuk mengikuti pembelajaran di sekolah, dengan tujuan untuk menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, berketerampilan, berpengalaman, berkepribadian, berakhlak mulia, dan mandiri.
C. Pengertian Pengaruh Bullying Terhadap Siswa
Bullying menurut psikolog Andrew Mellor adalah pengalaman yang terjadi ketika seseorang merasa teraniaya oleh tindakan orang lain dan ia takut apabila perilaku buruk tersebut akan terjadi lagi . Ron Banks memaparkan sebuah penelitian pada tahun 1997 di Scandinavian bahwa ada koleksi yang kuat antara bullying yang dilakukan oleh siswa selama beberapa tahun. Mereka sebagai korban bullying sering mengalami ketakutan untuk sekolah dan menjadi tidak percaya diri, merasa tidak nyaman, dan tidak bahagia. Aksi bullying menyebabkan seseorang menjadi terisolasi dari kelompok sebayanya karena teman sebaya korban bullying tidak mau akhirnya mereka menjadi target bullying karena mereka berteman dengan korban.
BAB III
HASIL PENELITIAN
A. Hasil Penelitian Teknik Angket
1. Apakah kebanyakan siswa atau siswi di SMAN 3 Cikarang Utara tahu akan bullying ?
2. Apakah anda tidak melakukan tindakan bullying?
8
9
3. Apakah anda hanya diam saja ketika melihat orang yang sedang di bullying?
4. Apakah anda sering melihat seseorang melakukan bullying terhadap orang lain ?
10
5. Apakah anda menolong orang yang sedang di bullying oleh orang lain?
6. Apakah bullying merupakan tindakan yang mengganggu orang lain ?
11
7. Apakah orang yang melakukan bullying terhadap orang lain akibat dampak dari kurangnya perhatian orang tua ?
8. Apakah tindakan bullying itu hanya terjadi di lingkungan sekolah ?
12
9. Apakah bullying sangat berpengaruh terhadap siswa?
10. Apakah bullying dapat mengubah kegiatan sekolah yang awalnya menyenangkan menjadi menakutkan?
13
11. Apakah mengejek teman adalah termasuk tindakan bullying?
12. Apakah perilaku bullying sangat berdampak besar untuk psikologis siswa?
14
13. Apakah tindakan bullying merupakan penyimpangan sosial?
14. Apakah bullying tidak hanya di lakukan oleh sesama siswa, tetapi guru juga melakukan bullying secara tidak langsung
terhadap siswa?
15
15. Apakah bullying dapat dilakukan oleh siswa terhadap gurunya ?
16
B. Hasil Penelitian Teknik Wawancara
1. Siapakah nama anda ?
- Ricardo
2. Apakah anda tau apa itu bullying ?
- Tahu
3. Apakah anda pernah menjadi pelaku bulling ?
- Sering sekali
4. Apakah anda pernah menjadi korban bullying ?
- Pernah sekali
5. Apa tindakan anda pada saat di bullying ?
- Melawannya jika tindakan itu berlebihan
6. Apakah menurut anda tindakan bullying yang dilakukan akibat dari kurangnya perhatian orang tua ?
- Tidak
17
7. Menurut anda apakah faktor lingkungan dapat memicu perilaku bullying di sekolah ?
- Ya
8. Apa pengaruh bullying bagi siswa yang sering di bullying di sekolah ?
- Siswa akan menjadi lebih takut kepada orang yang telah membullyingnya
9. Bagaimana menurut anda cara mencegah perilaku bullying agar tidak terjadi ?
- Melatih siswa yang lemah, seperti menjaga diri
10. Apakah bullying merupakan tindakan menyimpang ?
- Ya
18
Kesimpulan Teknik Wawancara
Dari hasil penelitian teknik wawancara, kami menyimpulkan bahwa hampir semua siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 mengetahui apa itu bullying dan pernah menjadi pelaku bullying dan menjadi korban bullying. Menurut mereka bullying terjadi karena faktor lingkungan, mereka setuju bahwa orang yang melakukan bullying, karena dulunya pernah menjadi korban bullying. Dan mereka setuju bahwa bullying sangat berdampak bagi psikologis siswa . Mereka mempunyai alasan mereka melakukan bullying adalah menjadikan sebuah candaan dan tidak bermaksud menyakiti seseorang yang di bullying.
19
C. Hasil Penelitian Teknik Wawancara
Kelompok kami pada saat melakukan penelitian teknik angket di kelas X MIA 1.
20
Pada saat melakukan penelitian teknik wawancara dengan Ricardo Geo .E.S kelas X MIA 1
21
Kelompok kami pada saat melakukan penelitian teknik angket di kelas X MIA 2
22
Pada saat melakukan penelitian teknik wawancara dengan Maylinda Crismonica kelas X MIA 2.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah kami peroleh selama ini, kami dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar murid SMA Negeri 3 Cikarang Utara tepatnya di kelas X MIA 1 dan X MIA 2 mengetahui apa itu bullying. Merekapun bahkan melakukan tindakan bullying terhadap teman mereka dengan alasan hanya candaan dan tidak berniat untuk menyakiti orang tersebut. Sebagian besarpun menganggap bullying adalah tindakan yang menyimpang.
B. Saran – Saran
Seharusnya bullying tidak dilakukan agar tidak menimbulkan dendam dari orang yang di bullying, apabila ada dendam akan berdampak buruk di kemudian harinya.dan sebagai manusia yang baik harus menghargai sesama teman, jangan merasa paling kuat dan jangan melakukan tindakan yang semena-mena terhadap orang yang lebih lemah.
23
24
Daftar Pustaka
[1] Id.answers,pengertian-bullying,( 2010 )
[2] zulfikar9dnandang,pengertian-siswa,( 2012 )
[3] fazarasusi,bullying-dan-pengaruhnya-terhadap-siswa, ( 2012)
25
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jujur!
1. Apakah kebanyakan siswa atau siswi SMAN 3 Cikarang Utara tahu akan bullying?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
2. Apaka anda tidak melakukan tindakan bullying?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
3. Apakah anda hanya diam saja ketika melihat orang yang sedang di bullying ?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
4. Apakah anda sering melihat seseorang melakukan perilaku bullying terhadap orang lain?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
5. Apakah anda menolong orang yang sedang di bullying oleh orang lain?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
6. Apakah bullying merupakan tindakan yang mengganggu orang lain?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
7. Apakah orang yang melakukan bullying terhadap orang akibat dampak dari kurangnya perhatian orang tua ?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
8. Apakah bullying hanya terjadi di lingkungan sekolah?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
9. Apakah sangat berpengaruh terhadap siswa ?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
10. Apakah bullying dapat mengubah kegiatan sekolah yang awalnya menyenangkan menjadi menakutkan?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
11. Apakah anda setuju bahwa mengejek teman termasuk tindakan bullying?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
12. Apakah anda setuju perilaku bullying sangat berdampak besar untuk psikologis siswa ?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
13. Apakah anda setuju jika tindakan bullying merupakan penyimpangan sosial ?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
14. Apakah anda setuju jika bullying tidak hanya dilakukan oleh sesama siswa, tetapi guru juga melakukan bullying secara tidak langsung terhadap siswa ?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
15. Apakah anda setuju jika bullying dapat dilakukan oleh siswa terhadap gurunya?
a. Setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Sangat setuju
Pertanyaan Wawancara
1. Siapakah nama anda ?
2. Apakah anda tahu apa itu bullying ?
3. Apakah anda pernah menjadi pelaku bullying ?
4. Apakah anda pernah menjadi korban bullying ?
5. Apa tindakan anda pada saat di bullying ?
6. Apakah menurut anda tindakan bullying yang dilakukan akibat dari kurangnya perhatian orang tua?
7. Menurut anda apakah faktor lingkungan dapat memicu perilaku bullying di sekolah?
8. Apa pengaruh bullying bagi siswa yang sering di bullying di sekolah ?
9. Bagaimana menurut anda cara mencegah bullying agar tidak terjadi ?
10. Apakah bullying tindakan menyimpang ?
Hasil Penelitian Teknik Wawancara
1. Siapakah nama anda ?
- Ricardo
2. Apakah anda tau apa itu bullying ?
- Tahu
3. Apakah anda pernah menjadi pelaku bulling ?
- Sering sekali
4. Apakah anda pernah menjadi korban bullying ?
- Pernah sekali
5. Apa tindakan anda pada saat di bullying ?
- Melawannya jika tindakan itu berlebihan
6. Apakah menurut anda tindakan bullying yang dilakukan
akibat dari kurangnya perhatian orang tua ?
- Tidak
7. Menurut anda apakah faktor lingkungan dapat memicu perilaku bullying
- Ya
8. Apa pengaruh bullying bagi siswa yang sering di bullying di sekolah ?
- Akan merasa takut kepada orang yang telah membullyingnya.
9. Bagaimana menurut anda cara mencegah perilaku bullying agar tidak terjadi ?
- Melatih siswa yang lemah, seperti menjaga diri
10. Apakah bullying merupakan tindakan menyimpang ?
- Ya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Casino site 2021 with free bets and no deposit bonuses!
BalasHapusOnline casino UK review. Sign up with one of our recommended UK Casino sites for bonuses, games, odds & promotions. Rating: 5 · Review luckyclub.live by LuckyClub.live